4 November 2009

...mama..

 -041109-
mama..
 ibuku,  yg biasanya dipanggil mama, sudah agak lama kena penyakit hipertensi, kayaknya penyakit turunan dari mbah perempuan, seingetku kayaknya sdh dari 6 tahun yg lalu, itu mungkin baru ketauan kalo punya tensi tinggi , pas mau melahirkan adek, tensinya terus naik, pas nglahirkan sdh kena preeklamsia, hampir keracunan kehamilan, ketubannya pecah, alhamdulillah Allah masih sayang, mama+adek selamat..
sempat baby blues sbentar,  PS : @adek : maaf sayang, kamu sempet gak ditoleh mama..kasian d kamu dek..

sesudah bayinya lahir, tensi masi aja naik sampe 240, itungan dokter(manusia)  tensi segitu sudah tamat, tapi Allah masih sangat-sangat sayang kami semua...

 pas itu aku masi 14 tahun, aku inget pas masih dirumah sakit, mama rajin makan jus sledri, yang dimasukkan kedalam botol plastik fanta ukuran 1,5 liter, juga makan tanpa garam, lalu jus timun, air putih yg banyak,  aku liat semangat mama untuk sembuh, untuk besarkan anak2nya, tapi tensi masih juga tinggi,
dipulangkan dulu kerumah, mau dirujuk ke Jogja, pas sebelum berangkat, ditensi lagi sama perawat, 180, turun lumayan banyak, ternyata ketegangan akan misalnya suatu tempat kayak rumah sakit itu juga ngaruh ya ke tensi..

sampe sekarang kadang2 masih kenceng, tapi aku janji ma, aku nggak akan lupa bikinkan mama parutan-perasan air labu siam pagi + sore, sama rebusan bunga rosella, obat pendampingnya farmoten + furosemide,
mama bilang, dadanya enak kalo minum peresan labu siam, nggak sakit.  aliran darah ke jantungnya lancar..
hipertensi emang penyakit yang gak kliatan, dari luar tampak sehat2 aja,  tapi didalemnya bisa tau2 kenceng/naik tensinya.  ..lhah wong mama hampir tiap hari ke pasar, gak kliatan punya hipertensi..

yang bikin aku kuatir, nanti klo aku sampe harus kerja di luar kota, lha sapa yang mau bikinkan minuman labu siamnya mama? siapa yang ingetkan makanannya? siapa yang kontrol cairan/minuman herbal apa aja yang masuk kedalam tubuh mama?
mbak kyknya gak mungkin, dia sibuk bgt, lagipula, kunci motor aja sering lupa naruh, apalagi nginget bikinkan minuman?? bapak? mana telaten? si anak dua? mana mungkin?

satu2 nya cara klo misalnya jauh dari mama, mungkin aku harus bayari orang untuk bikinkan minuman2 buat mama..+ nggantikan kenyinyiranku..

mama makan nangka : "Ma..awas jangan banyak-banyak ma.."
mama makan lauk yg agak asin : "Ma..mama boleh tho makan itu?.."
mama minta bikinkan mie instant : "Maa..bumbunya separo ya?.."
mama makan siomay : "Ma..ati-ati maa.. tensii..tensi..."
mama menyodorkan uang, nyuruh belikan cilok : "MA?? MAMA MAU BUNUH DIRI YA???!.."

 kadang2 sebagai anak, ngerasa sensitif sendiri, kok mama lebih deket sama mbak? kok mama kayaknya lebih sayang mbak?? kok mama banyak skali ngobrol sama mbak? everytime everywhere everyplace..
tapi aku tau..mama menyayangi anak-anaknya dengan cara yang berbeda-beda..

aku tau, mama ngusek kepalaku pelan, itu tanda mama sayang, gak smua sayang itu ditunjukkan dengan dialog, mama juga pernah bilang, ktanya aku lebih mandiri, cenderung gak punya masalah, lebih dewasa daripada mbak, mbak emng agak sdikit manja, masi butuh naruh kpala di pangkuannya mama..aku malah gak pernah..

apapun, aku tau, hati seorang ibu itu pasti adil buat anak2nya, mama tau smua hal yg dirahasiakan anaknya. kyknya cenayang ya mamaku..

apapun, InsyaAllah aku akan jaga terus mama + ksehatannya.... I love u Ma..

.....................Allah..tolong panjangkan umurnya mama yaa..

1 komentar:

  1. aamiin.. moga mamanya sehat ya..
    Ibuku juga darah tinggi. Aneh juga sih karna sebelumnya beliau menderita darah rendah...
    kalo udah gitu ya di rumah mesti ada Polisi makanan nih, hehe...

    BalasHapus